Jalan di Thailand itu kalo gak nyicip kulinernya kayaknya kurang afdhol deh.. Mangkanya di Traveling singkatku tahun lalu di tanah Gajah putih itu saya sempatkan nyicip-nyicip sedikit kuliner lezatnya.,

  1.  Tom Yam Kung

    unduhan (1)

    TOM YAM KUNG

    Kalau biasanya dirumah cuma bisa ngrasain Mie Sedap rasa Tom Yam atau Tom Yam asli bikinan restoran-restoran berbau khas Thailand, kali ini saya berkesempatan untuk mencicipi Tom Yam Kung asli buatan peribumi di tanah Thailand. Sup udang berkuah asam pedas ini berada di urutan nomor satu sebagai makanan paling enak di Thailand. Semangkuk tom yam kung yang berisi udang gurih dan kuah asam pedas. Harum aroma rempah yang menguar dari uap panas kuah tom yam bisa dibayangkan kan seberapa lezatnya? tom yam juga punya variasi bahan yaitu menggunakan daging ayam dan sayur-sayuran. Tinggal pilih saja mana yang paling cocok dengan seleramu.

  2. Manggo & Sweet Chilli
    thai-snack-sour-mango-and-sweet-chili-600x400
    Konon katanya warga Thailand menyukai mangga mentah yang cenderung asam. Mereka memakannya dengan bubuk cabe dengan berbagai variasi. Beberapa dari variasi itu adalah campuran gula pasir, cabe, dan sedikit garam. Tapi yang aku cicipi kemarin hanya yang memakai bumbu pedas. Rasanya asem-manis-pedas campur jadi satu enak deh pokoknya.. Ohya salah satu makanan khas Thailand yang sangat terkenal adalah Sticky rice with mango.. Khao Neeo Mamuang adalah nama makanan ini dalam bahasa Thai. Wujudnya berupa dessert yang terbuat dari ketan putih yang gurih, ditambah irisan mangga matang manis dan disiram sedikit kuah santan kental.

    51b1ee3afb04d6130f000ca3._w.540_s.fit_

    Sticky rice with mango

    Perpaduan yang sedikit aneh memang bagi orang Indonesia, tapi rasanya enak dan ternyata pas banget. Sticky rice with mango adalah salah satu jajanan street food yang terkenal di kota Bangkok. Bangkok memang terkenal dengan makanan street foodnya yang banyak, bervariasi dan enak-enak. Dengan merogoh kocek 30 Baht (sekitar 9000 Rupiah), kita sudah dapat menikmati seporsi hidangan pencuci mulut yang satu ini. Tapi sayang kenapa kemarin saya tidak mencobanya?? huhuhu,, nyesell.. -_-
  3. Coconut Ice Cream7c4da8d28c27211ac30cccc2700c6d8f
    Pas mampir di salah satu supermarket Thailand saya melihat ada gerobak penjual Ice Cream. Kebetulan suhu di Thailand juga panas bingit ya jadinya beli deh.. setelah dimakan  ternyata rasanya coconut!  harga untuk satu cupnya kalo gak salah waktu itu sekitar 20 bath. Murah ya? lumayan buat ngusir panas..
  4. Ice Bamboo 
    images (4)Kenapa dinamakan Ice Bamboo? karena cara penyajianya itu di dalam bambu hijau yang masih segar.. Ice bamboo banyak rasanya.. Ada Lemon tea, Orange, Ice tea, dll.. tinggal pilih selera kalian aja.  saya menemukanya di Floating Market. Gatau kenapa ya rasanya tuh di sana haus terus, hehe.
  5. Nasi Goreng khao phad
    kao-pad-thaiThailand memiliki  khao phad yaitu nama Nasi goreng khas Thailand dan termasuk hidangan yang populer. Ciri khasnya adalah paduan daun ketumbar dan kecap ikan. Saya menemukanya di Hotel  tempat saya beristirahat waktu itu.
  6. Es Campur Biji-Bijian 
    Penasaran seperti apa orang Thailand kalau jualan. Akhirnya saya angkat kaki dari hotel untuk melihat-lihat.images (3)

    Ternyata mirip juga sama orang Indonesia, pilihan topping untuk es campur dijejer-jejer seperti ini. Gatau namanya apa, pas ditanya si penjual gak bisa bahasa inggris, yaudah deh.. dia hanya menyebutkan harga untuk satu porsinya yaitu 50 bath. Rasanya enak, manis dan biji-bijianya terasa kayak kacang gitu,, pokoknya seger deh.. Di Thailand ini tiap hari ada, biasanya ada di Phuket.

    IMG_0375

  7. TAO KAE NOI
    tao-kae-noi-tanpa-logo-halal
    TAO KAE NOI ini adalah snack rumput laut. Snack ini disebut nori yang terbuat dari rumput laut dan biasa digunakan untuk sushi. ‘tao kae noi’ merknya, rumput laut yang kering dan renyah. Sebenarnya sudah lama cemilan ini hadir di indonesia, agak mahal sih. Tersedia dalam kemasan kecil dan besar. Kalau di supermarket Thailand asli sekitar 150 bath kita udah bisa dapet 6 kemasan berukuran besar. Varian rasanya pun bermacam-macam..

Nah.. itu hanya beberapa dari banyaknya kuliner yang aku cicip hahaha! wah jadi pengen balik kesana lagi deh.. *imagine
ohya pesen saya untuk sobat semua, terutama untuk yang muslim nih.. hati-hati berkuliner di Thailand. Kita harus slektif memilih makanan yang halal. karena dengan mayoritas penduduk non-muslimnya maka susah-susah gampang gitu lah nyari makanan halalnya..
Okey, sekian dulu .. byebye
note : tunggu cerita traveling ku selanjutnya yaaa.. 😉 bakal ada banyak sekali ceritaku baik itu konyol, berpendidikan, pokoknya macem-macem deh..

*ngono yo ngono tapi ojo ngono lho!