Ngemsi Bahasa Kromoo??? – The Dreamer

Vision Of Legendary Dreamer (VOLD).. Ngono yo ngono, tapi ojo ngono lhoo..!

Ngemsi Bahasa Kromoo???

Bagiku ngemsi pake bahasa kromo itu tantangan banget. Pelafalanya yang ribet, karena aku emang gak biasa pake kromo yang inggilnya pake banget. -_- Huruf Hidup (Vokal)“a” dibaca seperti biasa pada bahasa Indonesia/Melayu“a” atau “o” dibaca seperti mengeja “o” pada kata “bola” misalnya joko, nggowo (membawa)“i” dibaca seperti biasa pada bahasa Indonesia. aaaarrrrgghh!!

ohya sebelumnya, ngemsi itu biar gampang aja ngomongnya. ngemsi sama aja dengan membawakan sebuah acara. (yah sapa tau aja ada yang belum ngeh_ jadi aku ksih tau dulu)

Perjuangan aku latihan setiap saat berusaha agar nantinya nggak malu-maluin pas mbawain acaranya. Persiapan juga minim banget, yaitu 4 jam sebelum tampil. Hadeuh yaampun.. dan lebih sialnya lagi ternyata salah satu tamu yang hadir itu GURU BAHASA JAWA!!! beliau adalah bu Ningsih. dalam hati *aduh parah banget, tadi aku bawainya banyak yang salah lagi 😀 kalo sama sesama santri sih biasa aja, soalnya kemungkinan besar mereka pasti nggak ngerti sama apa yang lagi aku omongin. hahah

Tapi Alhamdulillahnya banyak yang ngomong kalo MCnya bawain acara dengan bagus sekali apalagi pake bahasa kromo, kan jarang-jarang.. *hueheehe terbang kan jadinya 😀

Mas Asep Saefulloh  *perwakilan pembina HISBAN* juga menyatakan kekagumanya akan hal ini. Bahkan cuma Mas Asep, melainkan Ibu Ningsih juga tak henti-hentinya memuji. Walaupun pas bawainya banyak yang salah.. hehe Bu Ningsih juga mengoreksi beberapa kata yang salah pada saat penghujung acara. Mas Asep dan Bu Ningsih menyarankan agar MC HarLah HISBAN tahun depan untuk menggunakan kembali bahasa kromo ini.

Tetapi, mereka juga menyatakan keprihatinanya karena kebanyakan generasi muda zaman sekarang sangat kurang dalam masalah anggah-ungguh (kesopanan) bahasanya. Jarang sekali anak muda asli jawa zaman sekarang yang bisa berbahasa kromo..

“Kalo bukan mba dan mas sekalian, ya siapa lagi yang mau nguri-uri (melestarikan) bahasa kebanggan ini” begitu katanya.

 

Leave a Reply

0 Comments

  1. Mc Baban

    lebih susuah pake bahasa sunda

    • meizahro

      susah gampang itu relatif..

  2. mirel

    cieee, semangat berlatih bahasa kromonya wkwk

    • meizahro

      wakakak olalalala 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2024 The Dreamer

Theme by Anders NorenUp ↑